SMA NEGERI 7 PRABUMULIH

Jln. Lingkar Timur Muara Dua

DISIPLIN, RELIGIUS DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

TROBOSAN KEMENDIKBUD MERDEKA BELAJAR MENJADI SOROTAN PROSES PEMBELAJARAN

Sabtu, 02 Mei 2020 ~ Oleh TIM IT SMAN 7 PRABUMULIH ~ Dilihat 1503 Kali

OLEH : Mailudiana Juan Gustiar 

Perekembangan dalam merdeka belajar sangat menguntungkan, sebab apa? Sebab kebijakan yang akan dilakukan Pak Nadiem ini akan mempermudah kinerja baik siswa dan guru. Hal  yang akan dilaksanakan dalam merdeka belajar ini. Program pendidikan “Merdeka Belajar” meliputi pokok kebijakan antara lain: 1) Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) ,2) Ujian Nasional (UN), 3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaan (RPP), dan 4) Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) zonasi. Bila dicermati dari isi pokok kebijakan merdeka belajar jelas lebih difokuskan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, mengubah pola pikir belajar siswa agar lebih efektif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Tidak hanya siswa yang merasakan dari program kemendikbud ini, guru akan lebih mudah dalam memberikan materi pembelajaran. Sistem pembelajaran yang akan diterapkan oleh kemendikbud ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam pembelajaran siswa. Cara ini dapat membantu siswa membuka wawasan siswa sebagai calon penerus bangsa yang berkualitas, dengan adanya merdeka belajar siswa tidak terikat dengan sebuah nilai akan tetapi lebih fokus pada pembentukan karakter siswa.

Presepektif Merdeka belajar ini haruslah selaras dengan kemampuan guru. Guru adalah kunci dari kemerdekaan tiap pembelajaran siswa, ‘’merdeka belajar adalah kemerdekaan berfikir, terutama esensi kemerdekaan berpikir ini harus ada guru terlebih dahulu, tanpa terjadi di guru tidak mungkin bisa terjadi di peserta didik’’ Ujar Pak Nadiem. Setiap anak itu memiliki kepribadian masing-masing baik itu keistimewaan ataupun kekurangan dalam setiap diri siswa  Tujuannya adalah  agar cara pembelajaran ini lebih menekankan kepada aktifitas belajar siswa baik itu berfikir secara kritis, analis, prediksi, hipotesis dan yang lain sebagainya.

Beberapa kebijakan yang akan diterapkan oleh Pak Nadiem, yang mengubah pola pikir dalam pembelajaran agar menjadi lebih baik dalam proses pembelajaran dan menggali potensi dirinya. Apa saja kebijakan itu, simak beberapa penjelasan ini.

Ujian Berbasis Zonasi

Dengan adanya ujian berbasis zonasi dilakukan untuk mempermudah koordinasi dengan materi yang akan diajukan, pada program pendidikan sebelumnya mengacu pada guru yang mampu menyajikan sebuah penentu kelulusan bagi peserta didik.  Dan ujian tidak bersifat nasional, maka inilah dapat merubah pola pikir agar para siswa tidak memikirkan dan menstarakan pikiran mereka pada sebuah penilaian kelulusan siswa, dengan adanya zonasi ujian program pendidikan standar kelulusan dapat dinilai dan ditentukan dari sekolah masing masing untuk kelulusan siswa.

Kemajuan  belajar

Salah satu kebijakan dari kemendikbud adalah  keberhasilan dari kemerdekaan belajar tidak hanya ditentukan dari membandingkan atas keberhasilan orang lain, merdeka belajar ini bisa juga adalah adil dalam sistem pembelajaran, merdeka  belajar menuntut guru agar dapat merancang ujian yang adil kepada semua siswa di Sekolah, agar semua potensi siswa dapat disalurkan dengan baik, karena setiap orang memiliki perbedaan dalam berfikir beraktifitas dan bertindak, dengan adanya merdeka belajar peserta didik tidak akan merasa terbebani dengan sistem pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa. Merdeka belajar merubah pola pikir dalam sistem pembelajaran siswa, kemajuan belajar  tidak hanya diukur dari pekerjaan rumah saja, tapi melihat dari kemampuan yang telah dipelajari siswa sebelumnya.

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Jikalau siswa akan merdeka dalam belajar yang akan diutamakan adalah rancangan pelaksanaan pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru kepada siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang bertahap kepada siswa, Pak Nadiem Mengungkapkan RPP itu hanya cukup dengan satu halaman saja, dengan melakukan penyederhanaan administrasi serta berfokus kepada kegiatan belajar dan peningkatan kompetensi siswa, dengan merdeka belajar siswa bahagia dalam pembelajaran dan memilki ilmu dan kompetensi yang baik  serta siap untuk memajukan bangsa di garda terdepan sebaga generasi penerus bangsa selanjutnya menuju indonesia maju.

Beberapa penjelasan di atas point penting dalam merdeka belajar yang tujuannya membuat semua sistem pembelajaran menjadi lebih mudah, efektif, dan tidak membebani siswa dalam proses belajar. Kebijakan tersebut dinilai sangat menguntungkan untuk Pendidikan di Indonesia.

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

LEONARDI JAYE PUTRA, M.Pd

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT,  dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

TAUTAN